Slideshow

Please support us by Click this adsense

Tips Untuk Meningkatkan konsentrasi

Let's Share...
Tips Untuk Meningkatkan konsentrasi
Sudah beberapa bulan ini saya mengalami penurunan dalam hal belajar, saya berpikir apa penyebab utamanya. Beberapa artikel seperti Tips Motivasi Belajar pernah saya tulis tetapi tetap saja tidak dapat meningkatkan dalam hal belajar, beberapa yang saya alami ialah mudah lupa dan tidak dapat berkonsentrasi. Maka dengan alasan tersebut saya mencari sebuah tips untuk meningkatkan kualitas belajar saya yaitu dengan meningkatkan konsentrasi saya.
mari kita mulai:

Konsentrasi adalah fokus atau pemusatan pikiran kita terhadap suatu hal yang kita kerjakan dengan mengenyampingkan hal yang lain. Dan perlu diketahui bahwa tiap orang mempunyai level konsentrasi yang berbeda.

Anda Kehilangan konsentrasi karena:
  • Di pikiran anda ,anda mengkhawatirkan hal lainnya.
  • Ke-khawatiran anda mengalihkan perhatian anda.
  • Gangguan dari luar mengalihkan anda sebelum anda mengerti.
  • Materinya membosankan, susah atau tidak menarik untuk anda.

Apa yang kita bisa kontrol dalam cara belajar kita:
  • "Disini Saya Belajar"
Buatlah (kondisikan) sebuah ruangan, kursi, meja, lampu dan lingkungan.
Hindari telepon.
Simpan sebuah tanda untuk menghindari gangguan.
Jika kita suka musik, tentu saja boleh. tetapi jangan sampai musik menggangu kita.
  • Buatlah sebuah rutinitas, jadwal belajar yang efisien
Sesuaikan dengan energi kita di siang hari dan malam hari
Lihatlah jadwal belajar kita
  • Fokus
Sebelum kita memulai belajar, ambilah beberapa menit untuk merangkum beberapa tujuan belajar, termasuk apa yang akan kita butuhkan, dan berpikirlah strategi untuk pencapaian belajar anda,
  • Insentif
Jika dibutuhkan buatlah sebuah insentif karena telah berhasil menyelesaikan tugas. seperti main, makan-makan, jalan-jalan dll
  • Ganti topik
Gantilah pelajaran anda setiap satu sampai dua jam agar bisa bervariasi.
  • Variasikan aktivitas belajarmu
variasikan belajar dengan cara belajar yang lain, tidak hanya dengan membaca.
Jika anda memiliki bahan yang banyak untuk dibaca, coba metode SQ3R.
  • Hadiah
berikan hadiah untuk diri sendiri ketika anda berhasil menyelesaikan tugas.

Semoga bermanfaat...

Share With Me

9 comments:

  1. wah mantap infonya...

    saya selalu ingat berkunjung ke blog ini, berhubung saya juga sering lupa maka saya follow blog ini...

    follow balik ya...thank

    sukses selalu bro

    ReplyDelete
  2. thx thx thx, buat info nya y :)

    ReplyDelete
  3. wah..info yang sangat menarik frend.
    sya juga lagi bermaslah dengan ini. bahkan untuk membantu meningkatkan kembali, sya sampai beli buku tentang hal ini..
    thanks infonya..

    ReplyDelete
  4. @rizal: iya... sudah di follow juga... thx udah follow blog ini ya...
    @Summase Sanjaya: makasih sob
    @NoRLaNd : makasih kembali
    @Obrolan Mas De-Fa: sama-sama, syukur jika infonya dapat berguna..

    ReplyDelete
  5. Masalah yang masih susah saat ini untuk aku lakukan adalah fokus..fokus ttgp apa yg mesti dilakukan,yg harus dan wajib.krn keseringan tdk fokus jadinya berantakan semua..

    ReplyDelete
  6. Menusatkan Konsentrasi perlu proses dan proses ...

    ReplyDelete

if you find a broken link, please let me know.....
If you have any question, please feel free to ask...
have a nice day ...