Slideshow

Please support us by Click this adsense

Penyebab dan cara mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi InsomniaKetika malam tiba, Dimana suasana sepi senyap orang lain sudah tidur anda masih belum dapat tertidur. Anda berusaha untuk memajamkan mata anda , tetapi pikiran anda melayang kemana-mana sehingga anda tidak dapat tidur. Sehingga ketika pagi tiba, bukannya segar yang terasa malah lemas, tidak enak badan dan pusing. 

Bagaimana dengan anda, pernahkah anda Insomnia?

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Penyebab Insomnia
Insomnia ini bisa disebabkan menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Selain karena masalah stress, insomnia juga bisa terjadi karena ada masalah pada makanan Anda. Hal lain yang bisa menyebabkan insomnia adalah suasana kamar yang tidak mendukung, cemas, hingga konsumsi kafein yang berlebih.

Cara mengatasi insomnia

1. Olahraga teratur
Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Kurangi konsumsi kaffein
Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.

3. Perhatikan waktu makan
Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.

Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.

4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.

Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.

5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur
Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

6. Tempat tidur hanya untuk tidur
Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, 'alarm' di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

7. Jernihkan pikiran
Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Jika tips-tips ini tidak mampu juga memberikan hasil yang positif bagi Anda, segeralah hubungi dokter.

Sumber igaul
Share With Me

41 comments:

  1. Imsonia pernah terjadi nih pada diri ini, namun sudah normal kembali...jaman kuliah dulu ane sering susah tidur...mungkin karena sering cari inspirasi kali ya..maklum seniman...Artikelnya membantu ane nih..thanks

    ReplyDelete
  2. artikelnya keren nih...menaruh jam meja, pengaruh juga yah? sip deh, perlu ditata ulang nih...
    kayaknya semua harus ada olah raga yg teratur ya?

    ReplyDelete
  3. saya ingin tahu, apakah insomnia akan berpengaruh pada sperma?

    ReplyDelete
  4. saya paling susah tidur, kadang sampai harus minum suplemen supaya bisa tidur...

    makasih tipnya

    ReplyDelete
  5. tip mencegah insomnia yang jitu nih jadi lebih hati2 deh

    ReplyDelete
  6. Waah...klo aku justru kebanyakan tidur niih...he...he...he...

    Tipsnya thak simpan dulu....siapa tahu bisa jadi 'resep' buat orang yg membutuhkan...thanks yaaa...

    ReplyDelete
  7. Info menarik....

    Banyak tips menarik yg lainnya di sini yaaa...

    ReplyDelete
  8. 1 lagi siap MATI, karena orang yang sipa mati dan siap hidup setelah mati hidupnya akan tenang.


    Lagipula kan katanya tidur latihan mati

    ReplyDelete
  9. Kawan...
    ada postingan baru d blogku...
    ditunggu komentarnya..
    Thank's
    Happy blogging!
    -Desti Hamster Land-

    ReplyDelete
  10. Tips yang menarik.
    tapi bukannya makan sebelum tidur malah membuat badan jadi gemuk?

    ReplyDelete
  11. boleh juga......nice blog....if u need a software just visit my blo oche.....tq

    ReplyDelete
  12. Kl sy mang kebiasaan si, kalo ga tidur cepet2 pasti bisa melek sampe pagi

    ReplyDelete
  13. Justru kurang tidur yang bikin badan jadi gemuk, karena makanan tidak bisa dicerna dengan baik, sehingga terjadi penimbunan makanan yang menjadi lemak di badan. Jadi dua orang yang makan dalam jumlah yang sama, tetapi yang satu kurang tidur akan memiliki kemungkinan menjadi gemuk lebih tinggi.

    ReplyDelete
  14. akhir2 ini sku ma tmen2ku jsring ngalamin INSOMNIA,,,,gara2 INSOMNIA akibatnya tadi pagi di kerjaan ga bisa fokus,,,,

    ReplyDelete
  15. Artikel yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai Insomnia berikut juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik -> Insomnia ?

    ReplyDelete
  16. saya ga bisa tidur selama berbulan bulan
    apa ada akibatnya?

    ReplyDelete
  17. perlu di coba tuch..

    ReplyDelete
  18. wah, kayanya bisa dicoba tuh.. soalnya dah seminggu ini saya bener2 gk bisa tidur..

    ReplyDelete
  19. tanks infonya, tapi kayaknya sulit banget ni ngilangin imsonia, cz dah hobby,,^^

    ReplyDelete
  20. Hmm..... Trimakasih infonya..
    Aku dah mo setahun insomnia......
    mudah mudahan bisa diterapkan tipsnya..

    ReplyDelete
  21. saya sudah berkali2 mmbaca artikel mengenai insomnia,dan smua sudah saya lakukan,tp msih sja sulit ktika mau tidur!!
    untuk smuanya ane mohon solusinya dunk....thank
    email saya:hsm.alhaskany@gmail.com

    ReplyDelete
  22. wah kebetulan aku terjangkit nih, nice share mas bro

    ReplyDelete
  23. ilmu yang sangat bermanfaat sekali nih

    ReplyDelete
  24. Mkasih nih informasinya moga sukses trus gan...

    ReplyDelete
  25. Sangat bermanfaat nih informasinya..

    ReplyDelete
  26. mksh infonyaa ^^
    baca jga artikel tentang insomamania >>http://how-yourblog.blogspot.com/2012/09/bagaimana-mengatasi-insomania-dengan.html ^^

    ReplyDelete
  27. Hi there! I simply wish to give a huge thumbs up for the nice data you
    may have right here on this post. I can be coming again to
    your blog for more soon.

    Here is my page :: seoul beats

    ReplyDelete
  28. Hello! I just want to give an enormous thumbs up for the nice
    info you have got right here on this post. I will likely be coming again to your blog for more soon.


    my web blog ... washburn semi hollow body guitars

    ReplyDelete
  29. Hello! I simply want to give a huge thumbs up for the nice
    data you may have right here on this post. I will probably be
    coming back to your weblog for more soon.

    My blog; google seo starter guide 2011

    ReplyDelete
  30. Hey! I simply want to give a huge thumbs up for the nice data you’ve got here on this post.
    I might be coming back to your weblog for more soon.


    Also visit my page - semi permanent hair color brown

    ReplyDelete
  31. Hi there! I just wish to give an enormous thumbs up for the great data you have right here on this post.

    I can be coming back to your weblog for more soon.

    my web page seoul national university technology transfer

    ReplyDelete
  32. Hi there! I just want to give an enormous thumbs
    up for the nice info you have got here on
    this post. I shall be coming again to your blog
    for extra soon.

    Review my site - seohyun and yonghwa we got married

    ReplyDelete
  33. Hiya! I just would like to give an enormous thumbs
    up for the good info you have got right here on
    this post. I will probably be coming back to your blog for extra
    soon.

    Feel free to visit my homepage - 自然排序

    ReplyDelete
  34. Hi there! I just wish to give an enormous thumbs up
    for the good information you could have right here on
    this post. I shall be coming back to your weblog for extra soon.


    My website :: seo keyword tool free download

    ReplyDelete
  35. Hey! I just would like to give a huge thumbs up
    for the nice information you will have right here on this post.
    I shall be coming back to your weblog for extra soon.


    Here is my site; heavy truck salvage yards in illinois

    ReplyDelete

if you find a broken link, please let me know.....
If you have any question, please feel free to ask...
have a nice day ...