Slideshow

Please support us by Click this adsense

UN ga lulus, yang lain kan curang

Let's Share...
saya baru saja ingin mulai menulis dan bercerita lagi setelah sekian lama berhenti... 
Cerita ini terinspirasi oleh cerita sang pacar, yang menceritakan bahwa salah satu temannya tidak lulus UN, seketika itu pula saya terperanjat.. ko bisa hal tersebut terjadi??? apa yang salah dengan dia, atau bukan dia sebenarnya yang salah.

Saat itu saya merenung sejenak sebenarnya, apa yang terjadi ketika pemerintah menginginkan peningkatan kualitas bangsa agar bangsa indonesia dapat bersaing dengan bangsa lain, dalam hal ini saya sangat setuju dengan pernyataan dan yang dilakukan pemerintah, jika kita ingin bangsa yang memiliki daya saing dengan bangsa lain tentu bangsa tersebut harus memiliki rakyat berkualitas agar dapat bersaing tentunya.

Sekarang kita lihat dari sudut mata seorang rakyat atau seorang pelajar, UN umumnya merupakan sosok yang menakutkan bagi para pelajar bagaimana engga, jika kita belajar sebagai contoh anak SMA belajar 3 tahun dan ditentukan lulus atau ngga oleh UN yang dilaksanakan hanya 5 hari saja. Menurut saya, tentu harus seperti itu karena yang namanya ujian memang waktunya lebih sedikit. Menurut JK (Jusuf Kalla) "Sebagai contoh jika kita mau mendapatkan SIM tentu kita berlatih mengendarai mobil atau motor satu atau dua minggu dan tentu akan di uji hanya satu atau dua jam saja, karena itulah ujian".

Jadi, saya yakin bahwa Indonesia memang membutuhkan UN untuk mendongkrak kualitas bangsa. tapi tengoklah sejenak wajah UN yang sebenarnya, yang terjadi dilapangan. UN di Indonesia haruslah menjadi pertimbangan dan perhatian besar bagi bangsa Indonesia. 
mari kita kasih judul:

UN DI INDONESIA YANG JUJUR
Bercerita tentang Indonesia dalam tindak tanduknya dalam UN, tengoklah sejenak disekitar kalian adakah ke jujuran dalam UN? saya yakin para pembaca sekalian akan menjawab, umumnya UN dilaksanakan tidak jujur. Menconteklah, dapat jawaban dari guru lah dari sms lah. banyak sekali kecurangan. 

Bercerita tentang salah seorang teman pacar saya, orang yang jujur tapi ternyata tidak lulus. Dia bercerita kepada teman saya, seluruh temannya nyontek, dan kagetnya (sebenernya ga juga sih soalnya udah tau banyak yang curang) atau pura-pura kagetnya saya biar aga keren, dan nyonteknya itu dikasih tau sama guru, pyuhhh... guru ini memang parahhhh banget(maaf bu, pak saya tau kadang2x kepala sekolah yang nyuruh ya), yang namanya guru haruslah mendidik bukannya malah ngasih contekan pada muridnya, ckckckck. tetapi itulah kenyataannya, guru tersebut ingin mengajarkan bagaimana jadi orang ga jujur (contohnya KORUPTOR). hati-hati bu, pak jangan ngajarin yang engga-engga (kalo ajaran moral yang diajarkan sekolah dikemanain tuh). 

Kembali ke cerita siswa tidak lulus tersebut, siswa tersebut katakanlah imannya kuat (cieee..) jadi ga mau nyontek (bagus ya) dia mengandalkan kemampuannya sendiri untuk lulus dari UN. Dia berkata "UN bukanlah segalanya jangan sampai saya mengorbankan iman hanya demi lulus dari UN" dan akhirnya dia ga nyontek dan juga ga lulus (sayang banget). Sayang memang ketika ada orang yang melakukan sesuatu yang benar tetapi dia malah tidak lulus. Dan tau ga, ada salah satu guru bilang "makanya ikutin jaman donk, klo ga ikutin jaman gitu jadinya"(jaman yang mana ya, jaman yang nyontek maksud ibu, harusnya ibu bilang "kmu ga gaul ah" kan lebih keren ya)  salutlah dari saya ke siswa tersebut jangan kalah teman. 

Menyikapi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus saya tegaskan. Siswa tersebut melakukan dengan benar tetapi tidak dengan baik maksudnya benar sesuai aturan (tidak mencontek) dan tidak baiknya adalah tidak mempersiapkan dengan baik ujian yang akan dihadapinya (bagaimana saya tau) karena jika dilakukan dngan baik saya yakin seharusnya siswa tersebut lulus.

Jika kita lihat lagi, jika mau lulus dengan benar belajarlah dengan baik dari sekarang. Janganlah nyontek, hal itu dapat merugikan kita kelak. Ingat jika menyontek artinya kalian belajar untuk melakukan kecurangan, jika curang kalian mau jadi apa???? "KORUPTOR" jawabannya dan "KORUPTOR nikmatnya jika di penjara"  

Jujurlah demi bangsa mu....

-Share with me-

6 comments:

  1. Semangat Pan
    Lanjutkan, lebih cepat lebih baik
    Merdeka hahaha

    ReplyDelete
  2. pandu...sikat trus....lanjutakan...kalo bisa posting juga lowongan kerja buat anak2 PN yg lg nganggur hehe2x...

    nica blog....

    ReplyDelete
  3. Oh ya bro jgn lupa sesekali kunjungan ke tempat ini....http://ranap-century.blogspot.com/ :) thanks...

    ReplyDelete
  4. ndoe, jadi we pada tau sekolah mana yang diobrolkeun >,<

    jujur aja, penyimpangan pada pendidikan sudah lama terjadi, sistem-nya kurang tepat, dan juga eh.. orangnya juga ngeyel.

    sekolah kebanyakan seperti agkot, mengejar setoran. bukan mau mengntarkan penumpang dengan safety. memang ada oknum seperti itu, dan g tau kenapa juga. mungkin karena sejak awal, menjadi guru bukan cita2 tapi karena kebetulan nyasar jadi guru.

    ada keterkaitan jelas, pendidikan profesi, sertifikasi, kurikulum, dan tuntutan masyarakat.
    untuk apa UN, jika kemudian melanjutkan harus di Tes.

    Solusinya. salah satunya ada pemerataan fasilitas pendidikan, jika ingin memberikan pemerataan evaluasi. sertifikasi guru ( yg sedang berlangusng). transparansi akreditasi sekolah. nilai kembali kelayakan UN, apakah masih relevan.

    coba saja jika pada punya pacar kayak pandu, haha, kan ada yang nemenin belajar, jadi aja g nyontek, da bisaeun...

    semua pemimpin Pro rakyat, jika tepat, maka Lebih cepat lebih baik, karenanya lanjutkan pemerintahan menuju indonesia yang lebih baik... nah lho.

    ReplyDelete
  5. Ujian Nasional adalah pembodohan pendidikan saat ini. Bagi terpilih presiden nantinya mohon di kaji ulang bagaimana sistem pendidkan yang tidak membodohi siswa dengan cara berbuat curang....

    ReplyDelete
  6. UN Ujian Nasib2 An ,,,kapan pendidikan ini baik bila guru nya sendiri berbuat curang....Malangnya

    ReplyDelete

if you find a broken link, please let me know.....
If you have any question, please feel free to ask...
have a nice day ...