Slideshow

Please support us by Click this adsense

Debat Cawapres monoton...

Let's Share...


kira2x hari ini jam 7 malam para cawapres akan berdebat, saya duduk santai karena saya tidak tau persis jam berapa debat cawapres akan berlangsung, ya saya tau harinyanya tapi masalahnya ga tau jamnya, ketika ade kasih tau mulai debat jam 7 malam, saya lansung bergegas melihat tayangan debat cawapres.  

Debat kali ini bertema "JATI DIRI BANGSA", dimulailah debat cawapres tersebut.
Format acaranya kira2x seperti ini. 
  1. visi dan misi
  2. pertanyaan seputar permasalahan bangsa dengan tema "JATI DIRI BANGSA"
  3. pertanyaan kepada salah satu cawapres dan disanggah oleh cawapres yang lainnya
  4. penutup
Entah bagaimana, eh para cawapres kompakan pake peci (kayanya udah mulai pada akur nih). Dimulai dengan membacakan visi da misi dari setiap pasangan cawapres, ada satu hal yang paling terkenang pada bagian itu, pak Wiranto lupa menyebut nama pak Boediono dalam pembukaan visi dan misinya walaupun kemudian menyebut nama Boediono setelah diingatkan penonton, nah lho kok bisa. Menurut saya ada dua kemungkinan yang pertama Wiranto melakukannya karena lupa nama rivalnya tersebut (maklumlah umur) dan yang kedua adalah politik dengan maksud agar orang2x yang melihat, ingat terus ama kejadian tersebut. Tapi kalo menurut saya yang paling mungkin adalah dia lupa nama Boediono (kok bisa ya, umur memang sulit dibohongi pak).

Selama saya menonton tayangan debat tersebut saya merasa :
  • Pak Prabowo orangnya punya semangat tinggi, tetapi kok aneh ya semua jawaban ko rasanya lari ke ekonomi, bagi saya ya pak terkesan maksa. kayanya sih pengen jatuhin lawan yang neo liberal. ckckckck kok maksa ya.
  • Pak Boediono orangnya kalem, terlihat  memang lebih menguasai materi ya kan professor jadi wajarlah. Tetapi dilihat dari ketiganya memang Boediono termasuk yang kurang semangat. Mungkin pak Boediono udah merasa akan diserang oleh para rivalnya.
  • Pak Wiranto, dari semua rivalnya menurut saya Wiranto termasuk paling unik atau kasarnya aneh lho. Dimulai dengan sebuah nyanyian, bagi saya lucu ketika orang berdebat nah lho yang satu ini nyanyi, ini Cawapres atau indonesia idol ya. ckckckck... positifnya ya berani tampil beda. kerenlah...
nah itu jika bicara tentang penampilan mereka.

saya merasa sangat tidak puas dengan konsep atau format acara pada debat capres ataupun cawapres. Tak ada yang namanya saling tanya, yang menyebabkan seperti dangdut tanpa jogget hampa rasanya. Ya, KPU memang bilang bahwa debat kita sudah sesuai dengan adat ketimuran katakanlah sopan santunnya ada dan tidak saling menyindir, saya tentulah setuju tapi coba liat lagi gimana manfaatnya bagi masyarakat???? 

Saya coba tanya kepada beberapa orang yang menonton debat cawapres, saya tanya "masih ada yang tersimpan di ingatan kamu ga tentang debat cawapres?" dan tau ga jawabannya, semua menjawab tak berkesan sama sekali tak ada yang ingat tentang para jawaban cawapres tersebut. Lalu buat apa ada debat cawapres? hanya untuk pamor belaka ataukah KPU yang cuman pengen nyelesaikan tugas saja??? 

Lebih baik ganti saja Format debat tersebut, terlalu monoton.

Saya berpendapat pada debat cawapres ataupun debat capres, alangkah baiknya awalnya mereka memaparkan program kerja mereka jika terpilih kelak. Kemudian para cawapres ataupun capres baiknya berdebat tentang program mereka, berdebat tentang baik dan buruknya program mereka, tentu  akan lebih seru jadinya dan tentu hasilnya akan lebih menentukan suara rakyat, isinya pun sangat berkualitas tentunya.

Maju terus bangsaku!!!

-Share with me-


2 comments:

  1. kalo menurut gw kesalahan ada pada moderator dan format acara... coba moderatornya najwa shihab yang seperti acara debat ... itu pasti akan keliatan sapa yg bagus dan yg kurang berkompeten.. tp kalo moderatornya seperti td malam itu namanya bukan debat tp hanya sekedar pemaparan visi dan misi.. otomatis mereka pasti akan memaparkan yg terbaik, istilahnya barang kalo mau laku ya kudu dipoles sebaik mungkin hehe

    ReplyDelete
  2. Kemaren nontonnya waktu acara mo abis, yg agak seru dikit, Pak Wir kurang sependapat dgn Pak Bud, bikin suasana yg monoton jadi agak panas (hangat kali ya). Tapi yg lebih seru sih acara abis debat cawapres di TVone. Seru, rame & lucu acaranya, saling serang menyerang, konsep acaranya aneh, masak "memperdebatkan debat" hehehe (bingung kan !!).

    Gimana ya pan, bingung juga, klo formatnya diganti kayak saling serang menyerang gitu, takut menimbulkan masalah terutama bagi pendukung tiap-tiap capres yang nonton. Bisa aja abis acara debat capres, ada keributan antar para pendukung.

    Anyway, salut buat Pak Budi, bisa bersikap tenang dikeroyok 2 jendral hehehehe

    Lanjutkan lebih cepat lebih baik nyusahin rakyat
    wakakaka

    ReplyDelete

if you find a broken link, please let me know.....
If you have any question, please feel free to ask...
have a nice day ...