Slideshow

Please support us by Click this adsense

Kontroversi Pernyataan Andi Malarangeng

Let's Share...

Andi Malarangeng

Semakin mendekati pemilu tanggal 8 juli 2009, ada-ada saja kontroversi yang muncul. Kali ini dari kubu SBY- Boediono yaitu Andi Malarangeng yang mengeluarkan penyataan SARA. Banyak orang berkomentar dahulu Si Kuncir alias Ruhut Sitompul yang mengeluarkan isu SARA terhadap etnis arab yang berkata bahwa etnis arab tidak memiliki kontribusi terhadap Pemilu dari tahun ketahun, dan ini jelas menimbulkan isu SARA (yang akhirnya Ruhut Sitompul meminta maaf di depan publik). Sekarang giliran si ganteng berkumis alias Andi Malarangeng.

Andi Malarangeng pada waktu kampanye di Makasar kira-kira berkata seperti ini :
"belum waktunya orang bugis jadi Presiden karena sekarang ini SBY lah yang pantas menjadi Presiden"

Inilah menjadi bahan kontroversi bagi para pesaingnya, yang menggangap bahwa pernyataan terdapat unsur SARA yaitu menjelek-jelekan orang Sulsel. Sehingga terjadi banyak kerusuhan di sulsel yang menginginkan Andi Malarangeng meminta maaf atas pernyataannya tersebut.

Menurut saya di sini ada unsur politik untuk menjatuhkan sang lawan politik. Nah pertanyaannya adalah apakah benar si ganteng berkumis ini sengaja mengatakan bahwa orang Sulsel "belum layak/pantas"(orang banyak yang mengartikan hal tersebut).

Sementara menurut Andi Malarangeng bahwa "penyataan tersebut maksudnya adalah pada saat ini yang pantas jadi presiden adalah SBY dan bukan yang lain, karena pada saat ini kan ada 3 orang capres dan tentu saya menghimbau masyarakat Sulsel untuk memilih pasangan SBY dan bukan yang lain, tentu tidak mungkin saya menghina atau menjelek-jelekan kampung sendiri (Andi Malarangeng berasal dari Makasar)"

Sementara tokoh masyarakat Sulsel berkata bahwa "itu adalah kata-kata pak Andi waktu disini, anda cuma berusaha memperlembut kata-kata saja dan pada saat kampanye maksud anda bukan menuju kesana, anda berbicara atas nama Sulsel (bugis) artinya anda berhadapan dengan rakyat sulsel dan itulah yang kita permasahkan (mereka mempermasalahkan atas kata-kata belum waktunya rakyat bugis jadi presiden )".

Nah, itu dia dua pernyataan yang saling bertolak belakang, bagaimana menurut pembaca, apakah maksud Si ganteng berkumis itu? Apakah benar bermaksud untuk menjelek-jelekan rakyat Sulsel? dan harus segera meminta maaf?

Ataukah pernyataan si ganteng berkumis tersebut biasa saja dan tidak bermaksud untuk menghina rakyat Sulsel? dan hanya dijadikan alat politik untuk menyerang kubu SBY-Boediono saja?

Silahkan di tunggu komentar dari pembaca sekalian... monggo?

-Share With Me-

9 comments:

  1. bukan siapa siapaJuly 4, 2009 at 6:37 AM

    Kalau dilihat dari kata katanya aja kita tidak tau apa yang dalam hatinya lo)saya mengartikan kalimat tersebut seperti ini " Belum saatnya memang orang dari sulsel memimpin dalam hal ini pak JK karena menurut beliau Pak SBY masih yang terbaik,disini saya melihat adanya permainan politik dari pendukung pak JK yang membesar besarkan masalah ini sehingga orang makassar sebagian besar merasa tersinggung karena mereka hanya menggunakan nafsu amarah sehingg mudah terhasut, saya liat yang mereka teriakkan adalah masalah sara atau rasisme (apa bukan mereka yang rasisme melihat kalau yang harus jadi president(pemimpin adalah yang se suku ??) disini pak Andi Mallarangeng menurut pendapat saya justru ingin membuka mata kita agar kita memilih yang terbaik untuk negara bukan karena se suku atau apalah, kalau yang terbaik yang se suku kita kenapa tidak ?, kalau yang terbaik bukan yang sesuku ?? why not kita kan maunya yang terbaik untuk indonesia
    saya tidak akan keberatan siapapun yang jadi president yang penting mampu membawa indonesia ke yang lebih baik, minimal seperti sekarang :D.
    pilihlah sesuai hati nurani bukan karena ajakan dari kampanyenya tapi karena bukti yang akan diberikannya

    wah jadi panjang banget, lega juga telah mengeluarkan pendapat

    ReplyDelete
  2. Mudah mudahan yang terbaik yang jadi presiden bukan yang banyak kritik tapi tidak mampu memberikan solusi :D

    ReplyDelete
  3. duo malarangeng (andi dan rizal) adalah dua orang yang buat mataku sepet melihatnya, mereka emang tim kampanye yang mantab, cuma kadang2 pake cara yang kurang etis, kalau lagi debat ada yang mau kasih fakta yang benar yang negatifkan SBY, dia malah ngomong ga jelas supaya omongan tadi seolah dilupakan publik....

    Masalah perkataannya, memang tidak bisa disebut begitu saja sebagai menjelak2an orang SUlsel, tapi menurut saya beliau tetap tidak pantas berbicara seperti itu apalagi di depan publik sendiri...

    ReplyDelete
  4. entah siapa yang benar dan salah rakyat makin bingung....

    salam kenal...

    ReplyDelete
  5. Siapapun berhak menjadi presiden betullll nga?

    ReplyDelete
  6. semakin dekat dengan pemilu maka akan banyak tokoh pilitik yang disorot oleh media.. manohara lewat! jadi bingung mau pilih yang mana? soalnya saya paling oon kalau di tanya soal politik!
    thanks.. nice artikel!

    ReplyDelete
  7. kadang2 mulut memang tidak bisa dibendung..and menurut saya semua orang,semua suku pantas utk jd pemimpin...

    ReplyDelete
  8. hihi, ga ikut2 ah...
    Yang pasti makin dekat pemilu banyak orang makin ga jelas, bisanya cuma ngumbar kejelekan orang, bukannya jadi panutan dan contoh buat rakyatnya malah jadi contoh permusuhan.

    ReplyDelete
  9. @bukan siapa siapa: penjelasan yang panjang, berisi dan sangat bagus...makasih sob atas komentarnya..
    @andisukry:Setuju banget sob... ada pepatah mengatakan "talk less do more"... thx sob atas komennya..
    @Kifni: duo malarangeng satu ini memang paling pandai bicara... seep... thx sob
    @rizal:Politik memang pelik, saling serang sana sini.. bikin kita pusing saja... komennya makasih ya..
    @Ronaldo Rozalino&Dinoe: betul banget sob... siapa saja boleh ko jadi presiden... dan Bugis pun tentu saja boleh... makasih sob...
    @belly:manohara udah kalah ma Andi malarangeng... hehehe.. kaya kita harus liat track record-nya saja.. itu yang paling jelas... makasih sob..
    @irvan:hehehe itulah politik, keras sob... tapi yang jelas kita harus ikut andil dalam pemilu ini biar masa depan bangsa jadi lebih baik...

    ReplyDelete

if you find a broken link, please let me know.....
If you have any question, please feel free to ask...
have a nice day ...